Ikuti Twitter Sazukers untuk Informasi Terbaru

"Otak" Google, Inilah Kecangihan Data Center Google

"Otak" Google, Inilah Kecangihan Data Center Google


Google adalah salah satu mesin pencari raksasa terbesar di seluruh dunia, yang setiap hari tentu selalu ada orang di seluruh dunia yang menggunakan mesin pencari ini. Mesin raksasa ini setiap harinya menangani begitu banyak pencarian online seperti, video YouTube, akses E-mail, dan masih banyak yang lain lagi. Google mengoperasikan begitu banyak data center di seluruh dunia, Google mengungkapkan bahwa mereka menjalankan lebih dari 100.000 server di seluruh dunia.


Dalam jaringan yang di sebut Jupiter, setiap hari unit server itu bisa secara random berkomunikasi satu sama lain dengan kecepatan 10GB/s. Kecepatan ini lebih cepat 100x di banding dengan jaringan generasi pertama yang di buat pada tahun 2005. "Untuk mengejar misi Google mengorganisir informasi dunia, membuatnya bisa di akses secara universal, maka di butuhkan jumlah storage dan komputasi luar biasa" ungkap Amin Vadhat dari Google. 

Untuk membangun performa jaring sesuai keinginan, Google membangun infatruktur sendiri. "Hal itu memerlukan koordinasi di antara komputer skala besar. Sepuluh tahun lalu, kami menyadari kami tidak bisa membeli, dengan harga berapapun, jaringan data center yang bisa memenuhi persyaratan skala dan kecepatan kami." tambah Amin. Jadi Google memutuskan untuk membangun infrastruktur jaringan data center hardware dan software sendiri. 


Dari awal yanng cukup sederhana, mereka telah membangun dan menjalankan lima generasi infrastruktur jaringan data center, dan yang terbaru adalah jaringan Jupiter. Data center utama Google berada di beberapa negara seperti Finlandia, Belgia, dan beberapa lagi di Amerika Serikat. Google juga terus menambah data center nya baru-baru ini Google telah mebangun data center di Chilie. Hong Kong, Singapura hingga Taiwan.

"jaringan Jupiter merupakan generasi terbaru telah meningkatkan kapasitas lebih dari 100 kali lipat di banding generasi pertama jaringan kami. Artinya 100 ribu server kami bisa berkomunikasi satu sama lain di kecepatan 10GB/s" Jelas Amin. Terbukti bukan bagaiamana perkasanya mesin pencari raksasa ini, dengan tidak memiliki rasa puas Google selalu mengembangkan tekhnologi yang dimilikinya.

Related Posts:

0 Response to ""Otak" Google, Inilah Kecangihan Data Center Google"

Posting Komentar