Ikuti Twitter Sazukers untuk Informasi Terbaru

5 Manfaat Mengagumkan Melamun Yang Jarang Diduga

5 Manfaat Mengagumkan Melamun Yang Jarang Diduga




Dapat dipastikan hampir dari semua orang pernah melamun dengan asik dengan pikirannya sendiri, sampai-sampai pada saat melamun seseorang yang sedang melamun tidak menyadari bahwa ada orang lain yang berada didekatnya. Banyak orang mengatakan bahwa melamun adalah kegiatan yang kurang kerjaan dan hal tersebut dianggap kurang baik. Melamun juga dianggap sebagai kegiatan yang sangat tidak produktif, membuang-buang waktu hanya sedang melamun, bahkan dapat membuat kehilangan akal sehatnya.

Namun benarkah melamun tidak bermanfaat dan sama sekali tidak ada manfaat pada saat melamun? Namun para Ilmuan mengungkapkan bahwa melamun memiliki banyak manfaat untuk pikiran, melamun bahkan dikatakan dapat membuat seseorang bisa berpikir makin kritis dan dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Berikut ini akan kami tampilkan beberapa ulasan mengenai manfaat melamun. Simak ulasan berikut ini.
  1. Menyehatkan Tubuh


    Melamun ternyata sangatlah bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, namun perlu Anda ingat, melamun yang dapat menyehatkan tubuh adalah melamun yang terjadi pada saat pikiran sedang stres. Dari beberapa study mengungkapkan bahwa melamun setara dengan hipnotis dan yang dapat merilekskan pikiran.

    Melamun merupakan salah satu kegiatan yang dapat menjalankan otak untuk menurunkan level stres. Pada saat mengingat masa lalu dan membayangkan masa depan yang menyenangkan adalah contoh melamun yang dapat menyehatkan tubuh, boleh percaya ataupun tidak.

  2. Melatih Otak

    Ahli Neuroscience Dr Muireann dari Irlandia mengatakan bahwa melamun merupakan salah satu kegiatan yang dapat membuat otak kerja keras dalam berpikir. Tak jarang melamun juga membuat seseorang membuat otak berpikir keras memikirkan masa lalu sekaligus membayangkan masa depan. Dengan pikiran tersebut, otak akan berpikir dan berlatih dengan sangat keras menemukan cara terbaik untuk hidup.

    Saat melamun, tidak jarang otak akan berpikir secara lebih kompleks dan berat. Dan jika hal ini terjadi, maka melamun akan menjadi salah satu cara untuk kembali mengasah ketajaman pada otak kita.

  3. Meningkatkan Kreativitas

    Tidak banyak orang yang dapat menemukan ide-ide terbaik mereka setelah mereka melamun. Suatu hal yang sedang menimpa seseorang atau masalah yang sedang dihadapi dan membuatnya melamun serta berpikir keras dapat menjadi salah satu pemicu munculnya kreativitas.

    Sadar maupun tidak sadar pada saat melamun, Anda akan menemukan bermacam-macam ide dan pemikiran baru yang sebelumnya tak pernah terpikirkan. Dari beberapa study mengatakan bahwa melamun adalah cara awal untuk mendapatkan ide-ide dan kreativitas baru dari dalam otak kita.

  4. Meningkatkan Memori atau Daya Ingat


    Dari beberapa study mengungkapkan bahwa melamun tidak hanya bisa meningkatkan kreativitas saja. Lebih jauh, melamun juga bisa memperbaiki memori dan daya ingat pada otak. Riset yang dilakukan di University of Wisconsin dan Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Science telah menunjukkan kolerasi yang cukup tinggi antara melamun dan meningkatnya kemampuan memori atau daya ingat.


  5. Mengaktifkan Sekaligus Mengistirahatkan Otak

    Melamun merupakan kesempatan baik bagi otak agar otak bisa istirahat sekaligus aktif. Melamun juga menjadi cara yang terbaik agar pemikiran menjadi rileks dan dapat berpikir keras secara bergantian.

    Perlu Anda ketahui bahwa, didalam otak terdapat dua sistem. Masing-masing sistem sendiri memiliki tugas dan aktivitas tersendiri. Salah satu dari sistem otak berfungsi untuk merasakan empati sedangkan sistem lainnya berfungsi dalam aktivitas pengambilan keputusan. Pada saat kondisi normal, hanya satu sistem pada otak yang bekerja. Namun, pada saat melamun dua sistem ini bekerja dengan cara aktif bersama dan bergantian.

Related Posts:

0 Response to "5 Manfaat Mengagumkan Melamun Yang Jarang Diduga"

Posting Komentar