Ikuti Twitter Sazukers untuk Informasi Terbaru

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil

7 Tips Mengatasi Mual & Muntah di Awal Kehamilan

Perempuan yang sedang hamil kemudian merasa mual-mual dan sampai muntah, akan sulit untuk mengkonsumsi makanan. Sehingga situasi seperti ini akan berdampak buruk bagi kesehatan diri maupun janin, karena kurang mendapatkan gizi dari sang mama. Walaupun muntah saat kondisi hamil termasuk dalam kategori wajar, tetapi anda tetap harus memperhatikan gizi untuk janin anda.
Mual dan muntah pada kehamilan memang wajar, namun jika disertai muntah yang berlebihan hingga membuat kondisi anda lemas dan dehidrasi harus segera diatasi karena sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janinnya. Berikut tips dari kesehatan untuk menanganinya.



Ada 7 Tips untuk mengurangi mual dan muntah pada awal kehamilan :
  1. Makan dalam jumlah sedikit tapi sering, hindari makan dalam jumlah yang banyak karena itu akan membuat mama mual dan sia-sia. Dan berusahalah makan tepat waktu.
  2. Makan makanan yang tinggi karbohidrat dan protein yang tepat untuk membantu mengatasi rasa mual, banyak mengkonsumsi buah, sayuran, dan makanan tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, biskuit akan lebih bagus.
  3. Hindari makanan berlemak,berminyak dan pedas ini malah akan memperburuk rasa mual mama.
  4. Minum yang cukup untuk menghindari rasa dehidrasi akibat muntah, minumlah air putih atau juice dan hindari minuman yang berkafein dan karbonat.
  5. Sewaktu bangun tidur di pagi hari, janganlah langsung terburu-buru terbangun, cobalah duduk terlebih daluhu dan perlahan berdiri bangun. Bila mama merasa sangat mual ketika bangun tidur siapkanlah snack atau biskuit di dekat tempat tidur, dan anda dapat memakannya sebelum mencoba berdiri bangun.
  6. Vitamin kehamilan kadang memperburuk rasa mual, tapi mama tetap memerlukan float untuk kehamilan. Bila mual atau muntah yang berlebih maka konsultasikan dahulu ke dokter kandungan anda agar mendapat saran untuk mengkonsumsi vitamin yang tepat bagi kandungan mama, bila perlu mama akan mendapat obat untuk mengatasi rasa mual yang berlebihan.
  7. Vitamin B6 efektif untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil, yang ini sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan anda.
Sekian tips dari saya, untuk mama yang sedang hamil mungkin dapat mempraktekkan tips ini untuk mengurangi rasa mual dan muntah saat awal kehamilan anda.

Related Posts:

0 Response to "Tips Mengatasi Mual Saat Hamil"

Posting Komentar