Ikuti Twitter Sazukers untuk Informasi Terbaru

Ditemukan Planet "Alien" yang Mirip Saturnus

Ditemukan Planet "Alien" yang Mirip Saturnus


Kali ini admin Sazukers akam memberi informasi tentang berita terbaru dari Sains, para astronom melalui pengamatan dengan teleskop di Arizona dan afrika Selatan telah menemukan "Planet Alien" yang menyerupai Planet Saturnus dan mengorbit bintang sejauh 700 tahun cahaya dari Bumi. Karena planet ini berada  di luar Tata Surya yang berpusat di Matahari, para astronom menyebutnya "Planet Alien" sebutan lain dari planet ekstrasolar.

Planet ini ditemukan dengan metode transit, teknik transit ini didasarkan dari pengamatan peredupan cahaya bintang akibat planet yang mengitarinya. Dari bumi, planet teramati mengalami transit selama 5 jam di muka bintang induknya.

Planet yang ditemukan dinamai KELT-6b, diambil dari nama salah satu teleskop yang menemukannya. Kilodegree Extremely Little Telescope (KELT).

Penemuan planet ini diumumkan oleh Karen Collins, dia mahasiswa dari Astrofisika di Uneversity of Louisville di Kentucky. KELT-6b mengorbit sangat dekat dengan bintangnya, satu tahun di planet in setara dengan 7 sampai 8 hari di Bumi.

Lantas apa yang membuat planet ini mirip Saturnus? Bukan karena "Planet Alien" ini mempunyai cincin, tetapi karena massa dan ukurannya bukan hanya itu KELT-6B ini juga merupakan planet gas raksasa.

Massa Saturnus 95,16 kali massa Bumi, sedangkan ukuran Saturnus yang dicerminkan oleh radiusnya mencapai 58,232 kilometer. Sedangkan masa KELT-6b pun tak jauh beda yang berbeda diantara keduanya adalah jarak orbit dengan bintangnya.

Planet Alien ini juga mempunyai kembaran yang bernama HD 209458b yang sama-sama planet gas raksasa dan berjarak dekat dari bintangnya. Planet ini kaya akan logam, berbeda dengan KELT-6b yang minim logam.

Kevian Stassun, anggita dari KELT dan astronom Vanderbilt Uneversity mengatakan, peran logam dalam lingkungan planet itu masih menjadi pertanyaan besar. Selain itu karena terlihat sangat terang KELT-6b layak dijadikan studi untuk membantu menjawab seputar pertanyaan tentang planet gas raksasa tersebut.

Inilah seputar terbaru dan terheboh di dunia Sians, semora informasi ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. sampai jumpa lagi dengan kami admin Sazukers, Bye

Related Posts:

0 Response to "Ditemukan Planet "Alien" yang Mirip Saturnus"

Posting Komentar