Ikuti Twitter Sazukers untuk Informasi Terbaru

Sejarah dan Foto Keindahan Kota Suci Mekkah

Sejarah dan Foto Keindahan Kota Suci Umat Islam ( Mekkah )

Hello guys, kami dari admin Sazukers akan memberikan informasi yaitu sebuah artikel dari sejarah dan keindahan kota suci umat Islam. Silahkan simak penjelasan berikut ini.

Kota Mekkah atau Makkah al-Mukarramah atau disingkat dengan Makkah bahasa arabnya (المكرمة مكة) merupakan sebuah kota utama di Arab Saudi.

Awalnya perkembangan kota Mekkah tak lepas dari keberadaan Nabi Ismail dan Hajar sebagai penduduk pertama kota ini yang ditempatkan oleh Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT. Dari perkembangan kota ini datanglah orang Jurhum yang akhirnya tinggal di Mekkah.

Pada masa berikutnya kota ini dipimpin oleh bangsa Quraisy yang merupakan kabilah atau suku yang utama di Jazirah Arab kerena memiliki hak dan pemeliharaan terhadap Ka'bah. Bangsa ini aktif dalam bidang perdagangan, bahkan pada masa itu aktifitaas dagang mereka dikenal hingga ke Damaskus, Afrika, dan Palestina. Tokoh sebagai kepala kabilah Quraisy adalah Qussai yang dilanjutkan oleh Abdul Muthalib.

Kota ini menjadi tujuan utama bagi kaum muslim untuk menunaikan ibadah haji, dalam kota ini terdapat sebuah bangunan utama yang bernama Masjidil Haram dengan Ka'bah di dalamnya. Bangunan Ka'bah ini yang dijadikan patokan arah kiblat untuk ibadah sholat bagi seluruh umat Islam di dunia. Kota ini di anggap suci untuk umat muslim karena di tempat ini lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Kota Mekkah terletak sekitar 600 km sebelah selatan Madinah, kurang lebih 200 km sebelah timur laut kota Jeddah. Mekkah merupakan lembah sempit yang dikelilingi gunung dengan bangunan Ka'ah sebagai pusat kota, dengan demikian pada masa dahulu kota ini rawan banjir bila di musim hujan sebelum akhirnya pemerintah Arab Saudi memperbaiki kota ini. Seperti pada umumnya kota di wilayah Arab Saudi beriklim gurun.


Semoga informasi ini menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi yang membaca, sampai di sini dulu guys. See you any time.

Related Posts:

0 Response to "Sejarah dan Foto Keindahan Kota Suci Mekkah"

Posting Komentar