Ikuti Twitter Sazukers untuk Informasi Terbaru

Keindahan Fenomena Air Laut yang Bercahaya di Maldives

Pemandangan air laut yang bercahaya di Maldives


Terlihat cahaya biru yang datang dari ombak di laut ini, kenapa ???
Pantai yang berada di pulau Vaadhoo ini terdapat ribuan plankton yang bertindak balas dengan oksigen dalam air laut sehingga ombak dari pantai ini dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang dari pada cahaya galaksi kita Bima Sakti.


Fenomena ini di sebut "Bio-Luminescence" ombak seperti ini bila masih jauh dari daratan tidak akan bercahaya bila ombak akan sampai ke daratan dan menimbulkan percikan air kecil maka akan terlihat cahaya yang berkilau, fenomena ini sangat jarang terlihat sekalipun di pantai.


Foto pantai ini di ambil oleh Doug Perrine ketika dia melakukan perjalanan ke Lautan Hindi pada malam hari, saat itu malam penuh dengan bintang tetapi tanpa bulan. Setiap ombak yang sampai di daratan terlihat seperti percikan likat kecil.
Sebenarnya plankton ini menghasilkan cahaya, dan organisme ini cukup besar untuk dilihat dengan kasat mata.


Seorang pakar bernama Peter Frank menjelaskan fenomena tersebut, dia berkata apabila organisme datang dalam jumlah yang banyak. Setiap organisme akan mengeluarkan cahaya biru yang dihasilkan oleh tindakan kimia dalam selnya. Fenomena seperti ini jarang terjadi dan biasanya hanya dapat dilihat dari jauh pinggir pantai.

Related Posts:

0 Response to "Keindahan Fenomena Air Laut yang Bercahaya di Maldives"

Posting Komentar