Ikuti Twitter Sazukers untuk Informasi Terbaru

Mengungkap Misteri Gunung Semeru

 Mengungkap Misteri Gunung Semeru

Hello Sazukers, buat kalian yang hobi mendaki gunung kali ini kami akan mengajak kalian untuk berpetualang dan mengungkap adanya misteri dan keanehan dari gunung semeru. Semoga informasi ini dapat membuat kalian lebih tahu sebelum mendaki gunung ini, langsung saja kita menjuju ke penjelasan guys.

Misteri Gunung Semeru


Ini termasuk gunung yang selama ini menjadi dambaan bagi para pendaki dan para penggiat alam bebas. Semeru merupakan salah satu impian bagi pendaki gunung karena mereka ingin menggapai salah satu pincak tertinggi di Indonesia, puncak itu adalah Mahameru Gunung Semeru.

Namun, sebenarnya apa yang para pendaki cari dalam gunung semeru? Apakah niat mereka murni sebagai pecinta alam? Atau mereka ingin mengungkap dan membuktikan sendiri tentang misteri yang terkandung dalam gunung semeru dan puncaknya?

Misteri yang terkandung dalam gunung semeru ternyata juga sama seperti gunung-gunung yang lain di pulau Jawa, seperti gunung Bromo, gunung Merapi, gunung Lawu. Dan hampir semua gunung memilikimisterinya masing-masing yaitu misteri yang melegenda dan menjadi kisah rakyat yang diceritakan secara turun-temurun.

Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.767 meter di atas permukaan laut, dan ini merupakan gunung api tertinggi di pulau Jawa. Tak hanya itu Semeru juga menyuguhkan keindahan alam dan menyimpan misteri gaib.

Anehnya warga di sekitar gunung tidak merasa takut apa bila sewaktu-waktu gunung itu akan meletus karena mereka meyakini, jika gunung meletus "penguasa" yang ada di gunung Semeru akan memberikan tanda-tanda yang tidak mampu dinalar oleh manusia biasa. Yang dapat menangkap tanda-tanda gaib tersebut di yakini hanya satu orang yaitu Mbah Dipo yang dipercaya masyarakat sebagai "juru kunci" dan sesepuh Mahameru.

Tapi sayangnya warga kini tidak lagi memiliki seorang juru kunci seperti Mbah Dipo, karena baliau telah meninggal dunia beberapa tahun lalu. Sebelum meninggal beliau sempat berkata "Tidak akan ada apa-apa semasih ada saya.."

Seandainya Semeru benar-benar meletus hanya satu pesan Mbah Dipo yang mereka ingat hingga kini, "Jangan pernah lari ke arah desa Gunung Sawur tapi larilah ke arah sungai.."
Tapi kita sebagai manusia semuanya kita kembalikan kepada Tuhan YME, konon puncak Mahameru diyakini sebagai tempat suci, tempat istana para dewa. Warga sekitar yang tinggal di lereng Semeru maupun pendaki gunung percaya roh para dewa masih setia menjaga Mahameru.

Hantu Cantik


Salah satu yang menarik dari gunung ini adalah pengakuan dari beberapa pendaki gunung yang melihat sesuatu gaib di malam hari. Mereka mengaku melihat cahaya berwarna oranye di tengah Danau Ranu Kumbolo, secara mengejutkan cahaya tersebut berubah wujud menjadi sosok hantu wanita yang cantik.

Bukan hanya itu, dalam danau tersebut juga terdapat banyak ikan mas yang tidak diketahui asalnya. Ikan-ikan tersebut diyakini adalah jelmaan dari hantu wanita dan para dayang-dayangnya. Haram hukumnya bagi warga sekitar Mahameru maupun para pendaki untuk memancing ikan mas tersebut, percaya atau tidak, tapi cerita tersebut masih melekat dalam kepercayaan gaib di tengah kecantikan Mahameru hingga sekarang.

Mahameru


Itu adalah sebutan dari puncak Gunung Semeru, dengan tinggi 3.676 meter di atas permukaan laut ini banyak memiliki kisah yang mempu menarik perhatian pendaki. Salah satunya sosok Soe Hok Gie, tokoh tahun 70-an yang menghembuskan nafas terakhirnya di gunung ini.

Untuk mendaki ke gunung ini, salah satu jalur yang banyak ditempuh adalah melalui Kota Malang. Dari Kota Apel ini pendakian ke Gunung Semeru berawal dari sebuah daerah bernama Ranu Pani, di daerah ini kita akan bertemu banyak para pendaki yang ingin mengungkap misteri gunung, sedang menentukan waktu untuk memulai pendakian.

Dari Ranu Pani, perjalanan setengah hari menuju daerah bernama Ranu Kumbolo, di lokasi ini terdapat danau sehingga tempat ini sering menjadi singgahan untuk para pendaki yang ingin menikmati keindahan danau di atas ketinggian dan untuk beristirahat di malam hari.

Misteri Arcopodo


Setelah perjalanan dari Ranu Kumbolo, para pendaki akan melewati daerah yang ditumbuhi hutan yang sangat lebat. Dari sinilah banyak kisah yang bernuansa mistik, konon banyak yang menyebut kawasan hutan ini sebagai hutan istana gaib, sebab tak jarang pendaki yang tersesat meskipun sudah berulang kali mendaki gunung ini.

Orang jawa menyebutnya "Oyot Kesimpar", yang berarti seseorang akan dibuat linglung dan hanya berputar-putar di jalan yang itu-itu saja selama waktu yang panjang. Ketika melintasi hutan ini para pendaki harus memperbanyak do'a kepada Sang Pencipta dan mengurangi sikap sombong dan bercanda berlebihan.

Selepas hutan istana gaib, akan bertemu sebuah daratan lapang yang menyimpan banyak misteri, inilah yang dikenal sebagai Arcopodo. Artinya arca kembar, dalam legenda Mahameru diceritakan bahwa di tempat ini terdapat dua belah arca yang berdiri kembar dan pendirinya adalah prajurit pada jaman Majapahit.

Hanya saja keberadaan arca tersebut tidak dapat dilihat oleh sembarang orang, karena orang yang memiliki "Kelebihan" yang dapat melihat arca kembar tersebut. Bukan hanya itu, mereka yang dapar melihat akan memiliki berbagai versi tentang wujud arca kembar tersebut.

Ada sebagian yang berkata bahwa arca tersebut sebesar anak kecil, namun ada juga yang melihat bahwa arca tersebut sangat besar sehingga bisa terlihat jauh dari Ranu Kumbolo. Selain itu bagi orang biasa yang "Terpilih" pada akhirnya akan dapat melihat arca tersebut. Dan Arcopodo adalah pos terakhir para pendaki sebelum mencapai puncak tertinggi di Indonesia, Puncak Mahameru.

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat bagi kalian yang hendak mendaki gunung Semeru. Good Luck..

Related Posts:

0 Response to "Mengungkap Misteri Gunung Semeru"

Posting Komentar