Ikuti Twitter Sazukers untuk Informasi Terbaru

7 Fakta Dan Misteri Tentang Bulan

7 Fakta Dan Misteri Tentang Bulan

Para Sazukers kali ini kami akan mengajak kalian mengungkap tentang misteri dan fakta yang ada pada satelit kita yaitu Bulan, memang keunikan dari tata surya kita ini sangat menari untuk di bicarakan. Karena masih banyak rahasia-rahasia, misteri-misteri, dan fakta-fakta yang belum terungkap selama ini.


Sebagai  satu-satunya satalit alami yang dimiliki bumi dan merpukaan satelit alami terbesar Ke-5 di tata surya. Bulan yang bisa kita lihat setiap malam hari ini, memiliki misteri-misteri maupun fakta yang unik, fakta yang selama ini kita tahu adalah bulan tidak  mempunyai sember cahaya sendiri karena sebenarnya cahaya itu berasal dari cahaya pantulan matahari atau bulan yang bisa membuat pasang surut air laut di bumi.

Ternyata bukan itu saja, masih banyak fakta tentang bulan yang belum kita ketahui, Berikut ulasannya :

1. Asal - usul Bulan
Apakah kalian tahu, bahwa dulunya orang berteori bahwa bulan tadinya adalah sebagian dari bumi yang terbang keluar dari bumi karena kutukan hebat dimasa lalu. Dan ini hampir menjadi teori yang disetujui oleh banyak orang, sebelum teori lain muncul seperti bulan terbentuk dari debu-debu angkasa yang membentuk menjadi satelit bumi.

Akhir-akhir ini teori mengatakan bahwa jika bagian sebesar bulan terambil dari bumi, maka bumi tidak akan bisa bulat seperti sekarang?  Dan jika bulan tidak berongga, maka tidak mungkin bulan bisa menjadi satelit untuk bumi, karena benda seberat bulan akan menghantam bumi.

2. Bulan Memiliki Orbit yang Unik
Orbit bulan merupakan satu-satunya yang benar-benar hampir bulat sempurna dari semua sistem tata surya kita, berat utama bulan terletak lebih dekat 6.000 kaki dari pada pusat geometrisnya yang harusnya justru mengakibatkan bulan mengorbit lengkung.

Ternyata sesuatu yang tidak diketahui telah membuat bulam stabil pada porosnya, dari suatu teori yang belum diyakini mengatakan bahwa wajah bulan yang selalu sama di setiap harinya karena adanya suatu hal yang menyebabkan itu. Yang pada intinya, tetap suatu kebetulan astronomi.

3. Bulan Memiliki Struktur Daratan yang Keras
Normalnya sebuah planet akan keras di dalam dan makin lama makin lembut pada permukaan seperti bumi kita, namun tidak demikian dengan bulan. Bagian dalam bulan seperti berongga, sementara bagian atasnya keras sekeras titanium, hal ini yang menyebabkan bulan sangat kuat terhadap serangan apa pun.

Kawah terbesar di bulan berdiameter 300 km, dengan kedalaman hanya 6,4 km. Sedangkan menurut hitungan para pakar, jika batuan yang menabrak bulan itu tadi, kemudian menabrak bumi maka perbandingan terbentuknya lubang akan kurang lebih sedalam 1.200 km

Bulan berongga juga dibuktikan saat kru Apollo yang meninggalkan bulan, membuang sisa pesawatnya yang tidak digunakan ke bulan. Hasilnya, sebuah gempa dan gema pada permukaan bulan terjadi selama 15 menit, dan penemuan itu di ulang kembali oleh kru Apollo 13. Kali ini hasilnya jatuh lebih keras sehingga menimbulkan gema dan gempa selama 3 jam 20 menit.

Ibaratnya seperti sedang membunyikan lonceng kemudian berdentang, namun bedanya hanya tidak ada udara, maka suara dentang lonceng tidak terdengar sampai ke bumi. Sementara itu , penemuan ini dipertanyakan oleh Carl Sagan, sebenarnya satelit ilmiah itu tidak mungkin berongga di dalamnya.


4. Ukuran Bulan Sama Dengan Matahari?
Bulan bisa menutupi matahari dalam gerhana bulan total, namun ukurannya tidak sama. Yang menarik, jarak matahari ke bumi persis 395 kali lipat jarak bulan ke bumi. Sedangkan diameter matahari persis 395 kali diameter bulan.

Tapi pada saat gerhana matahari total ukuran bumi dan bulan persis sama, sehingga matahari dapat tertutup bulan secara penuh. Hitungan ini terlalu cermat dan akurat jika hanya merupakan kebetulan astronomi semata.

5. Usia Bulan
Ternyata usia bulan lebih tua dari yang sebelumnya diperkirakan, bahkan bulan diperkirakan lebuh tua dari pada bumi dan matahari? Umur bumi paling tua yang dapat diperkirakan adalah 4,6 Milyar tahun.

Sementara itu batuan bulan ternyata sudah berumur 5,3 Milyar tahun, jadi bulan lebih tua 1 Milyar dari bumi? WOW !

6. Terdapat Cuaca yang Extreme di Bulan
Ternyata cuaca extreme tidah hanya terjadi di bumi saja, di bulan pun juga bisa terjadi di bulan. Suhu permukaan bulan bisa bervariasi mulai dari 260 derajat celcius sampai -151 derajat celcius, tapi suhu tersebut ternyata hanya di permukaan bulan saja. Dengan kata lain jika anda menggali permukaan bulan, maka suhu yang ada cukup konstan yaitu sekitar -35 derajat celcius.


7. Yang Pertama Kali Mengelilingi Bulan Ternyata Kura-kura?
Cukup mengejutkan? Bukan seorang manusia maupun kera yang pertama kali dikirim untuk mengelilingi orbit bulan, melainkan sepasang kura-kura. Hewan ini diterbangkan ke bulan bersama sejenis lalat, kumbang, bakteri, dan biji-bijian dalam pesawat ruang angkasa Rusia, Zond 5 pada September 1968.

Ajaibnya kura-kura ini bisa kembali dengan selamat ke bumi bersama pesawatnya, namun sapasang kura-kura ini mengalami penurunan bobot berat badan sekitar 10 persen dari berat badan mereka sebelumnya. Dan mereka tetapdalam kondisi yang sehat.

Itulah kisah fakta dan misteri tentang bulan yang berada dalam tata surya kita dan menjadi satelit bagi bumi hingga sekarang, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Thanks Sazukers..

Related Posts:

0 Response to "7 Fakta Dan Misteri Tentang Bulan"

Posting Komentar