Ikuti Twitter Sazukers untuk Informasi Terbaru

Cara Mandi Wajib atau Mandi Junub Dengan Benar Beserta Niatnya Menurut Islam

Cara Mandi Wajib atau Mandi Junub Dengan Benar Beserta Niatnya Menurut Islam


Sebagaimana sebelumnya dijelaskan bahwa jika kita akan menghilangkan hadats kecil dengan wudlu, sahnya jjuga harus suci dari hadats besar. Cara menghilangkan hadats besar adalah dengan mandi wajib atau mandi junub.
Cara Mandi Wajib atau Mandi Junub ini harus dilakukan oleh setiap muslim karena untuk mensucikan diri. Dan ada hal-hal yang perlu anda ketahui yang dapat menyebabkan mandi wajib, yaitu keluar mani karena syahwat, bertemunya alat kemaluan, mimpi basah, nifas, masuk islam Suci dari haid, memandikan mayat.

Cara Mandi Wajib atau Junub yang benar:

*Mandi wajibr harus diniatkan dengan ikhlas semata karena Allah.
Baca niat berikut ini di dalam hati dengan menghadap ke kiblat.


  • NAWAITUL GHUSLA LIRAF"IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAHI TA'ALA

    Artinya:
    Aku mandi untuk menghilangkan hadast besar fardhu karena Allah taala

*Mandi wajib dimulai dengan membasuh kedua telapak tangan hingga pergelangan tangan, masing-masing tiga kali dan cara membasuhnya dengan mengguyur kedua telapak tangan itu dengan air yang diambil dengan gayung. (bukan dengan mencelupkan kedua telapak tangan anda ke bak mandi)

*Kemudian mengambil air dengan telapak tangan untuk mencuci kemaluan dengan telapak tangan kiri hingga bersih. Setelah itu telapak tangan kiri itu digosokkan ke lantai atau ke tembok sebanyak tiga kali, lalu di bilas dengan air.

*Setelah itu berwudlu, sebagaimana cara berwudlu untuk shalat.
Jika sudah selesai wudlu, kemudian mengguyurkan air dari kepala ke seluruh tubuh dan menyilang-nyilangkan air dengan jari tangan ke sela-sela rambut kepala serta rambut yang telah tumbuh di anggota tubuh kita. Sehingga air tersebut akan mengenai seluruh tubuh .

*Jika air sudah mengenai seluruh tubuh,maka mandi wajib itu diakhiri dengan membasuh kedua telapak kaki hingga  mata kaki.

*Disunahkan untuk tidak mengeringkan badan dengan kain handuk atau kain lainnya untuk mengeringkan badan itu.

*Disunahkan untuk melaksanakan Mandi Wajib dengan tertib seperti yang dilakukan Nabi Muhamad sallallahu alaihi wa aalihi wasallam.

Dengan melakukan Mandi Wajib tersebut, kegiatan menunaikan ibadah bisa dalam keadaan bersih dari hadast besar dan kecil, Insya Allah shalat anda bisa di terima. Amin.

Related Posts:

0 Response to "Cara Mandi Wajib atau Mandi Junub Dengan Benar Beserta Niatnya Menurut Islam"

Posting Komentar