Ikuti Twitter Sazukers untuk Informasi Terbaru

Kota yang Tidak Pernah Terkena Sinar Matahari, Apakah Kota mu?

Kota yang Tidak Pernah Terkena Sinar Matahari, Apakah Kota mu?


Apakah Anda pernah membayangkan saat terbangun di pagi hari lalu tidak menemukan sinar matahari? Mungkin Anda harus ke kota ini dan Anda mungkin akan terkejut dan heran kenapa tidak ada matahari di kota ini. Kota Rjukan di Norwegia adalah sebuah kota yang tidak pernah terkena sinar matahari kenapa bisa seperti itu ?

Rjukan sebenarnya adalah kota industri bukan kota wisata, namun karena banyaknya wisatawan yang datang untuk melihat kota ini tapi bukan untuk melihat keindahan alamnya, budaya ataupun sejarahnya, namun karena uniknya yaitu kota yang tidak penah terkena sinar matahari

Fenomena ini terjadi selama 6 bulan sekali selama satu tahun yaitu sekitar bulan September hingga Maret, pada bulan-bulan di Rjukan adalah musim dingin padahal matahari selalu terbit saat pagi hari namun cahaya nya tidak pernah sampai di kota itu, kenapa yah? Karena kota itu tertutupi oleh dua pegunungan yang curam yang tinggi-tinggi, namun ketika musim panas kota ini malah mendapat sinar matahari 



Pendiri kota Rjukan, Sam Eyde pernah merancang pembuatan cermin raksasa pada tahun 1913, renacananya agar dapat memantulkan cahaya sinar matahari dari cermin raksasa. Sam Eyde kasihan melihat warganya yang tidak pernah merasakan sinar matahari saat musim dingin, namun rencana ini tidak berjalan dengan baik karena kendala biaya dan tekhnologi saat itu yang belum canggih. 

Akhirnya pada saat tahun 2013 salah seorang warga yang bekerja di hidroelektrik yaitu Martin Andersen mempunyai ide yang menarrik yakni membuat tiga cermin khusus berukuran besar yang di letakkkan di atas lereng gunung dan cermin itu menggunakan heliostat.


Cahaya yang di pantulkan cermin itu dapat menerangi kota seluas 600 m persegi, tentu itu merupakan suatu kabar gembira bagi warna Rjukan karena tidak perlu capek-capek ke atas lereng gunung untuk mendapat sinar matahari.

Andersen mengahbiskan biaya sekitar 8 miliyar untuk proyek ini dan dana ini di dapat dari bantuan pemerintah dan sponsor. Andersen mendapat banyak penghargaan dan di eluh-eluh kan banyak warga di Rjukan karena proyek yang berhasil, dan penemuan dari Andersen di namakan "The Sun Mirror"



Meskipun tidak bisa seterang matahari biasa namun setidaknya ini bisa membantu warga Rjukan mendapat cahaya matahari saat musim dingin, jika Anda ingin travelling mungkin kota ini bisa masuk dalam daftar liburan Anda dan Anda akan medapat pengalaman yang lain dari pada yang lain.

Related Posts:

0 Response to "Kota yang Tidak Pernah Terkena Sinar Matahari, Apakah Kota mu?"

Posting Komentar