Ikuti Twitter Sazukers untuk Informasi Terbaru

Membunuh Cicak Bisa Mendapatkan Pahala yang Berlimpah, Kenapa?

Membunuh Cicak Bisa Mendapatkan Pahala yang Berlimpah, Kenapa?


Cicak adalah hewan melata yang cukup familiar dan selalu ada di sekitar rumah kita. Hewan reptil ini banyak yang bilang bahwa hewan cicak ini sangat mengganggu dan juga ada yang tidak menghiraukan kehadiran cicak.

Namun apakah Anda pernah memiliki pikiran untuk membunuh cicak agar tidak mengganggu? yang pasti kebanyakan orang lebih kasihan dan biasanya hanya di singkirkan jika cicak tersebut mengganggu. Dan kali ini kami membahas tentang Hukum Agama, membunuh cicak itu hukumnya sunnah, bahkan membunuh cicak di anjurkan oleh Rasulullah.

Ada beberapa riwayat Hadist mengatakan, Rasulullah menganjurkan untuk membunuh cicak. Kenapa membunuh cicak bisa mendatangkan pahala?

Berikut ini adalah penjelasan tentang sunnah membunuh cicak.
  1. Membunuh cicak merupakan suatu kesunnahan tanpa pengecualian, hal ini sudah dijelaskan dari Ummu Syarik bahwa Rosul pernah memerintahkan untuk membunuh cicak dikarenakan hewan tersebut telah meniup dan memperbesar api yang telah membakar Nabi Ibrahim. Selain itu, dari Abu Hurairah juga pernah menjelaskan bahwa Rosul pernah menerangkan bahwa membunuh cicak dengan 1 kali pukulan berpahala lebih besar dibandingkan pukulan kedua.

  2. Cicak itu merupakan binatang yang berbahaya bagi kesehatan dan tidak memiliki manfaat yang berarti bagi manusia, jadi binatang ini jika di bunuh hukumnya sunnah.

  3. Kotoran cicak mengandung bakteri yang sangat berbahaya yaitu bakteri E.Coli yang dapat menimbulkan sakit perut dan bisa jadi keracunan makanan.
Dan Ada juga hikmahnya jika membunuh cicak, diantaranya.
  1. Sesuatu yang kecil dan memiliki banyak kemudharatan wajib untuk disingkirkan.

  2. Mengikuti sunnah Rosul merupakan suatu kesempurnaan sebagai seorang muslim.

  3. Setiap umat muslim harus tunduk dengan syari'at karena manusia memiliki keterbatasan fikiran.

  4. Terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang ada pada kotoran cicak.

  5. Perintah untuk membunuh cicak merupakan suatu ujian bagi semua manusia, apakah manusia akan taat dengan ketetapan Allah atau bahkan malah mengedepankan pikiran mereka yang sangat terbatas sehingga menolak perintah tersebut.
Di dalam shahih Muslim, Sunan Abu Daud dan Jami'at Trimidzi dari Abu Hurairoh berkata :
  • Rasulullah SAW bersabda. "Barangsiapa membunuh cecak maka pada awal pukulannya bagian ini dan itu satu kebaikan. Barangsiapa yang membunuhnya dalam pukulan kedua maka baginya ini dan itu satu kebaikan yang berbeda dengan yang pertama. Jika dia membunuhnya pada pukulan ketiga maka baginya ini dan itu kebaikan yang berbeda dengan yang kedua".
Dan dalam Kitab shahih Muslim disebutkan : "Barangsiapa yang membunuh cecak pada satu kali pukulan maka baginya seratus kebaikan. Dan jika pada pukulan kedua maka baginya (kebaikan) berbeda dengan itu (yang pertama). Dan jika pada pukulan ketiga maka baginya (kebaikan) berbeda dengan itu (yang kedua)".

Sedangkan di dalam 'al Mu'jam al Ausath' milik Thabrani dari hadist Aisyah yang mengatakan. "Aku mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda. barangsiapa yang membunuh cecak maka Allah akan menghapuskan tujuh kesalahan atasnya".

Related Posts:

0 Response to "Membunuh Cicak Bisa Mendapatkan Pahala yang Berlimpah, Kenapa?"

Posting Komentar