Ikuti Twitter Sazukers untuk Informasi Terbaru

Hal Sederhana yang Dapat Meredakan Batuk

Hal Sederhana yang Dapat Meredakan Batuk


Batuk bukanlah salah satu penyakit. Batuk merupakan reaksi tubuh terhadap iritasi pada tenggorokan karena adanya lendir, debu, makanan, asap, dan lain sebagainya. Batuk bisa terjadi karena adanya rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, bahkan juga telinga). Setelah itu reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Disini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, sampai terjadilah batuk.

Batuk memang sangatlah mengganggu disaat sedang melakukan aktifitas ataupun sedang beristirahat sampai-sampai tidak nyaman jika sedang istirahat, selain menimbulkan sesak nafas batuk juga dapat mengganggu orang yang ada disekitar Anda, karena suara yang di timbulkan oleh batuk Anda.

Namun kali ini kami akan membicarakan hal sederhana yang dapat meredakan batuk, bagi Anda yang biasanya tidak mengetahui bahwa hal-hal yang sederhana yang biasanya Anda lakukan dalam sehari-hari ternyata dapat meredakan batuk, berikut ini akan kami hadirkan hal-hal sederhana yang dapat meredakan batuk.
  1. Minum Minuman Hangat

    Saat batuk sedang menyerang Anda, cobalah untuk minum air hangat. Minuman hangat bisa membantu mengurangi efek batuk akibat tenggorokan kering. Anda juga dapat meminum air teh hangat yang dicampuri madu, hal tersebut dapat menenangkan tenggorokan.

  2. Mandi Uap

    Disaat Anda batuk, cobalah untuk mandi menggunakan air hangat. Uap yang dihasilkan dari air panas dapat melonggarkan sereksi hidung, sehingga Anda dapat terhindar dari pilek penyebab batuk.

  3. Hindari Pemakaian Parfum Berlebihan

    Sebagian orang mungkin menganggap tidak ada masalah dengan aroma parfum, akan tetapi ada beberapa orang yang tidak tahan dengan aroma parfum dan mengakibatkan iritasi sinus kritis. Jika Anda alergi dengan parfum atau aroma parfum yang menyengat hindari untuk memakai parfum yang berlebihan.

  4. Minum Air Putih

    Saat sedang batuk, tubuh harus tetap terhidrasi. Perbanyak minum air putih, karena hal tersebut akan membuat batuk semakin menjadi. Air putih yang Anda minum dapat menjaga selaput lendir tetap lembab sehingga batuk akan semakin mereda.

  5. Meminum Obat

    Pada saat selesai meminum air putih ataupun meminum air teh yang bercampur dengan madu dan mandi uap, serta mengurangi pemakaian parfum yang berlebihan sudah tidak bisa mengatasi penyakit batuk Anda, alangkah baiknya jika Anda langsung mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung dekongestan dapat meredakan hidung tersumbat, dan gejala flu yang lainnya. Akan tetapi, berhati-hatilah pseudoefedrin dalam dekongestan bisa menyebabkan kekeringan, yang memicu batuk kering.

Related Posts:

0 Response to "Hal Sederhana yang Dapat Meredakan Batuk"

Posting Komentar