Ikuti Twitter Sazukers untuk Informasi Terbaru

Kebanyakan Tidur, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kita

Kebanyakan Tidur, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kita


Tidur yang cukup dan berkualitas setiap malamnya memang sangat di sarankan untuk kita semua. Akan tetapi bukan berarti kita bisa tidur terlalu lama pada setiap harinya, kurang tidur atau tidur terlalu lama memang kurang baik untuk kesehatan kita.

Dan pada umumnya orang dewasa membutuhkan tidur 6-8 jam, namun jika lebih dari 9 jam pada setiap malamnya, akan berdampak cukup negatif pada tubuh kita. Dan berikut ini kami akan membahas seputar efek negatif jika tidur terlalu lama di bawah ini, simak berikut ini.

1. Terganggunya Fungsi Otak

Pada sebuah penelitian di tahun 2012 yang telah dilakukan pada wanita lanjut usia, telah di temukan bahwa kebanyakan tidur ataupun kurang tidur sangat tidak baik bagi tubuh dan bisa memperburuk fungsi otak dalam kurung waktu atau periode 6 tahun. Apabila tidur lebih dari 9 jam per malam atau kurang dari 5 jam, maka fungsi otak dapat terganggu atau semakin memburuk.

2. Berisiko Terkena Masalah Jantung

Tidur lebih dari 8 jam dapat meningkatkan terkena gangguan jantung. Hal tersebut di sebutkan dalam penelitian yang di presentasikan dalam pertemuan American Collage of Cardiology tahun 2012 lalu. Para peneliti tersebut telah menganalisis data dari 3.000 orang dan menemukan orang yang terlalu banyak tidur memiliki risiko dua kali lipat lebih besar terkena angina (nyeri dada atau rasa tidak nyaman yang biasanya disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke jantung) dab juga berisiko 1,1 kali lebih besar terkena penyakit arteri koroner.

3. Berisiko Mengalami Gejala Depresi

Dalam sebuah penelitian tahun 2014 yang telah meneliti orang dewasa kembar, para peneliti tersebut menemukan bahwa durasi tidur yang lama dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gejala depresi. Orang yang tidur 7 sampai 9 jam setiap malamnya memiliki heratbilitas sebesar 27% terkena gejala depresif. Sementara itu, orang yang tidur lebih dari 9 jam memiliki heratbilitas sebesar 49% berisiko ,emgalami gejala depresif.

4. Tubuhmu Rentan Mengalami Kegemukan

Pada penelitian yang juga menarik terkait lamanya waktu tidur dan dampaknya bagi tubuh. Dalam sebuah penelitian yang sederhana dari Quebec, para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam permalamnya memiliki risiko 2 kali lipat lebih besar terkena diabetes tipe 2 atau toleransi glukosa terganggu dalam periode 6 tahun di bandingkan orang-orang yang tidur 7 hingga 8 jam per malamnya.

Orang yang tidur 9 hingga 10 jam permalamnya memiliki risiko 25% lebih besar mengalami kenaikan berat badan sebesar 5 kg selama periode penelitian 6 tahun itu. Dan meskipun orang-orang tersebut sudah mengontrol asupan makanan dan aktivitas fisiknya, risiko kegemukan tetap ada.

Itulah dampak jika anda kebanyakan tidur, segala sesuatu yang berlebihan memang sangat tidak baik bagi tubuh kita, Jadi demi menjaga kesehatan tubuh kita, kita pun harus benar-benar menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari dampak-dampak negatif yang bisa meringkus nyawa kita.

Related Posts:

0 Response to "Kebanyakan Tidur, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kita"

Posting Komentar